Desa Sawocangkring Punya Home Industri Pakaian Adat Terkenal

Desa Sawocangkring Punya Home Industri Pakaian Adat Terkenal

JURNAL99.COM, SIDOARJO - Suatu kebanggaan tersendiri bagi Kades Sawocangkring Bapak Sugito, karena di wilayah desa Sawocangkring tepatnya di rumah Abah H.Toha Purwanto(57) menjadi tempat Home Industri pembuatan pakaian adat. Home Industri milik H.Toha ini sudah mempunyai nama di desa Sawocangring.

Home Industri pakaian adat ini, menurut Ibu Siti Mujayatun(47) merupakan usaha rumahan yang sudah lama berjalan."usaha ini sudah berjalan sekitar 20 tahunan, dulu awalnya memang hanya produksi Blangkon kemudian bikin baju pakaian adat," ujarnya, selasa(4/7/17).

Waktu ditemui oleh wartawan Pojok kiri, suasana rumah Ibu Siti memang ramai dengan pegawainya. Memang pegawainya lumayan banyak ada sekitar 43 orang namun sebagian memproduksinya di rumahnya masing-masing."kami terima borongan saja, jadi bisa dibawa pulang dan dikerjakan dirumah," kata salah satu pegawainya.

Masih kata Ibu Siti, setiap harinya bisa memproduksi sebanyak 5 codi. Sementara itu untuk hasil produksinya dikirim ke Surabaya, solo dan Jogja."kami kirim tiap bulannya sekitar 50 codi pakaian adat lengkap," tambahnya.

Dalam kesempatan ini, Ibu Siti berharap dengan pakaian adat hasil produksinya bisa menyenangkan mereka dari anak-anak mulai dari SD sampai dengan SMA bisa memanfaatkan baju adat ini untuk kegiatan yang positif seperti karnaval, pentas atau kegiatan lainnya.(im/ttk)

Untuk harga pakaian adat Ibu Siti menerangkan ada beberapa jenis menurut ukurannya."kalau ukurannya, patokan saya ya dilihat dari tingkat pendidikannya, mulai dari TK seharga 90ribu, SD 105ribu, smp 220ribu dan SMA 250 ribu," jelasnya.(im/ttk)


Sebelumnya Camat Tulangan Hadiri Halal Bi Halal di Balai Kecamatan Tulangan
Selanjutnya RAPAT KOORDINASI CABANG PDI perjuangan kabupaten sidoarjo