Desa Seketi Membangun

Desa Seketi Membangun

JURNAL99.COM,SIDOARJO - Keceriahan yang terpancar dari para warga desa seketi terlihat jelas pada waktu mengikuti acara Pamer Budaya yang diselenggarakan di Balai Desa Seketi, hari minggu (13/11/16). Acara yang dibuka langsung oleh bapak wakil bupati sidoarjo H.Nur Ahmad Syaifudin SH berlangsung sangat meriah.

Kegiatan Pamer Budaya yang digelar tersebut merupakan kegiatan tahunan sebagai bentuk eksplorasi secara maksimal untuk membangun desa. "Kegiatan Pamer Budaya ini kita kemas dalam suatu kegiatan seperti karnaval mobil hias, panggung talenta dan kegiatan UMKM," ujar bapak Seger Purwanto.

Bapak Seger Purwanto juga menambahan bahwa akan membentuk program desa baru yang tujuannya tentu saja untuk membangun desa Seketi agar lebih berpotensi, mandiri dan berkarya. Salah satu program yang akan dilaksakan kedepan yaitu Desa Seketi Membangun.

Merupakan salah satu program yang akan dicanangkan kepala desa Seketi untuk membangun desa dengan mengangkat potensi dan pesona desa Seketi secara optimal. Program Desa Seketi Membangun ini, tentu saja bukan merupakan satu-satunya program yang dicanangkan oleh Kepala Desa Seketi, namun ada beberapa program desa yang sudah dilaksanakan dan masih berjalan sampai sekarang.

Menurut kepala desa  Seketi Seger Purwaanto mengatakan bahwa untuk program desa yang sedang berjalan yaitu diantaranya akan menjadikan Desa Seketi menjadi Kampung Bambu. "kami akan bentuk desa seketi menjadi Kampung Bambu yang notabennya merupakan kampung yang terkenal dengan hasil kerajinan tangannya mengolah bambu menjadi tempe, bakul, tomblok dan lain-lain," kata bapak Seger.

Selain Kerajinan tangan, Desa Seketi secara historis banyak cerita di dalamnya. Seperti sejarah terbentuknya Desa Seketi itu sendiri yang berawal dari mbah Prabu Joko merupakan salah satu murid dari Sunan Ampel membabat hutan yang kemudian dijadikan desa Seketi. "Desa seketi diambil dari nama sakti, asal mulanya diambil dari nama pusaka yang dimiliki mbah Prabu Joko yang bernama Jolo Rante. Dengan kesaktiannya dipercaya melindungi desa dari serangan musuh dan tindakan kejahatan," tambah bapak seger purwanto.(im)

Sebelumnya Siswa YPM 8 Sarirogo Gelar Kegiatan Donor Darah
Selanjutnya Seorang Pahlawan Tentara 45 Yang Meninggal dunia Dengan Membawa Harum Bangsa