Pejuang Vaksinasi Desa Tambak Kalisogo

Pejuang Vaksinasi Desa Tambak Kalisogo

JURNAL99.COMSIDOARJO - Menjalankan akselerasi vaksinasi pedesaan yang digencarkan Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Kusumo Wahyu Bintoro, agar warga di pelosok desa maupun dusun segera terbentuk herd immunity sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Seperti dilakukan Bhabinkamtibmas Desa Tambak Kalisogo, Jabon, Sidoarjo, Aipda Kokoh Yugo.

"Dengan penuh semangat agar warga desa binaannya terlayani vaksinasi Covid-19, khususnya bagi 80 orang lanjut usia (lansia) serta ibu hamil di Tambak Kalisogo. Ia bersama Bhabinsa setempat Serma Waluyo dan tenaga kesehatan Puskesmas Jabon Eni Widyastutik, harus menempuh medan sulit dengan menggunakan perahu penyeberangan untuk mencapai desa binaannya.

"Sasaran vaksinasi yang dilakukan tiga pilar Tambak Kalisogo tersebut, diawali pada warga sekitar penyeberangan perahu. Bahkan sebagian ada yang dilakukan penyuntikan vaksin jenis Sinovac di atas perahu. Warga Desa Tambak Kalisogo kebanyakan bekerja sebagai nelayan, petani dan buruh tambak.

"Perjalanan pejuang vaksinasi Desa Tambak Kalisogo, berlanjut ke rumah-rumah warga desa binaannya. Vaksinasi door to door dilakukan Aipda Kokoh Yugo, Serma Waluyo dan nakes Puskesmas Jabon Eni Widyastutik dengan mengayuh sepeda angin keliling desa. Melalui pendekatan humanis, ketiganya mendatangi warga lansia dan ibu hamil.

“Alhamdulillah secara door to door ke rumah warga, ada sekitar 80 orang lansia yang telah tervaksin Covid-19. Ada juga ibu hamil kami beri penjelasan vaksin ini aman dan menyehatkan, akhirnya dapat tervaksin juga. Kami pun merasa lega dapat membantu mereka, semoga terhindar dari Covid-19 dan warga kami sehat,” urai Bhabinkamtibmas Tambak Kalisogo Polsek Jabon Aipda Kokoh Yugo, Selasa (9/11/2021) sore.

"Tidak hanya edukasi terkait vaksin Covid-19 aman, halal dan guna membentuk kekebalan komunal (herd immunity), himbauan pentingnya mematuhi protokol kesehatan juga mereka sampaikan kepada warga. Seperti memakai masker, hindari kerumunan, rajin mencuci tangan dengan sabun, mengurangi mobilitas atau perjalanan yang tak penting dan sebagainya.

“Warga juga kami himbau agar membiasakan hidup sehat dan menjaga kebersihan, jangan takut untuk memberi tahu kami bila ada yang sakit,” tambah tenaga kesehatan Puskesmas Jabon Eni Widyastutik.(mariono/im)

Sebelumnya LOMBA SEKOLAH SEHAT BERKARAKTER SD/MI TINGKAT KABUPATEN SIDOARJO DI SEKOLAH ALAM AL IZZAH KELURAHAN KEMASAN KECAMATAN KRIAN
Selanjutnya Penyaluran BLT dana Desa Sidomojo Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo.